Cara Menaikan Oktan Premium Menjadi Oktan Seperti Pertamax

Haii kawan, Sahabat sahabat on-labs yang super
ketemu lagi ma saya, Langsung saja ye :


Sebelumnya ..
Oktan, oktan itu apa sih ya ?
oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas) ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil dan kemudian dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi. Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi (dan bukan karena percikan api dari busi), maka akan terjadi knocking atau ketukan di dalam mesin. Knocking ini akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus kita hindari.




Premium / Bensin ,Pertamax ???


Untuk saat ini, kendaraan bermotor adalah salah satu yg sangat diandalkan buat beraktifitas baik ke sekolah, ke kampus, ke kantor bahkan ke pasar. Nah untuk menjaga mesin kendaraan tetap baik, pembakaran pun harus sempurna yaitu dgn menggunakan BBM yg oktannya tinggi seperti Premium 88, Pertamax 92, Pertamax Plus 95. Nah kalo menurut ane kalo pake premium kurang sempurna gan pembakarannya karna oktannya kecil.  Nah untuk mensiasati bagaimana memakai bahan bakar pertamax dengan harga premium ane mo ngasih sedikit tips and bocorannya yang mudah2an bisa berguna :




Beberapa angka oktan untuk bahan bakar:
  • 87 → Bensin standar di Amerika Serikat
  • 88 → Bensin tanpa Timbal Premium
  • 91 → Bensin standar di Eropa
  • 92 → Bensin standar di Taiwan
  • 91 → Pertamax
  • 95 → Pertamax Plus

Begini bro jadi agan tetep aja beli premium seperti biasa, cuma rahasiannya premium ini dicampur dgn zat Metanol. ( inget gan metanol, Bukan Etanol )


    Metanol itu zat kimia yg mengandung alkohol gan, nah metanol ini nih yg bisa nambahin oktan premium. Tapi ntar dulu gan, jgn sembarangan campur aja. Jadi buat tangki motor bebek kira2 dicampur pake 10 ml metanol (agan beli suntikan maenan yg di abang2 aja buat ngukur ml nya) nah setelah dicampur goyang-goyangin dikit motor agan dan tunggu beberapa menit biar nyampur.

Setelah premium dicampur dgn 10 ml metanol maka kadar oktan premium jadi naek menjadi sekitar 92-95 oktannya yang setara dgn pertamax malahan pertamax plus (semakin banyak jumlah metanol yg kita campur makin gede oktan yg akan bertambah. Tapi jgn maen asal tambah aja gan, mendingan sesuai dengan takaran yg ane sebutin biar aman).

harga metanol murah gan sekitar 10-20ribuan buat satu drigen minyak gitu yg biasa ditenteng.  Kenapa ane bilang murah?  karena misal harganya 10 ribu utk 1 liter metanol, sedang kita cuma ngebutuhin 10 ml untuk 1 tangki penuh. Coba bisa dipake utk berapa bulan tuh gan, performa motor juga jadi bagus.
Coba deh agan googling. Klo gak salah proses pencampuran methanol itu juga di pake sama pembalap-pembalap formula lho.

thanks Before .. salam Superman Dan Super Hero lainya

27 comments

ok Gan makasih infonya...........

mau nanya klo sudah nginap alias bermalam apakah pengaruhnya masih sprti baru dicampur ato berkurang hingga hrs dicampur lg?

tks atas tanggapannya
Reply Delete
Anonymous said... June 2, 2013 at 10:45 PM
hati2 metanol bisa membuat korosi...bahkan aluminium sekalipun...lihat aja wikipedia.com
Reply Delete
campuran metanol/etanol (yang absolute alias 99%) jangan melebihi 10% agar tidak menimbulkan kerusakan berlebihan karena korosi, untuk pemakaian motor harian sebaiknya tidak melebihi oktan 95 alias pertamax+ karena oktan yang lebih besar berarti bahan bakar lebih mudah terbakar, sehingga mesin cepat panas dan berakibat jebol/meleleh.
Reply Delete
beli metanol itu biasa nya di mna???
Reply Delete
Ngerusak mesin kendaraan gak?
Reply Delete
This comment has been removed by the author.
Delete
Sebenernya bukan sempurna ato tidaknya pembakaran gan...
bukan juga cepat / lambatnya bensin itu terbakar...
Jumlah oktan menunjukkan seberapa kuat bensin itu menahan tekanan / kompresi yang diberikan oleh piston.
Jadi perlu disesuaikan konsumsi bensin dengan kompresi mesinnya..
Premium biasanya untuk kompresi mesin 9,8 : 1 kebawah
Pertamax biasanya untuk kompresi mesin 9,9 : 1 - 10,9 an
PertamaxPlus biasanya untuk kompresi mesin 11 : 1 an ke atas
Biasanya di buku panduan pemilik spd motor itu ada gan rekomendasi BBM nya. Kalo di buku panduan saya sih tulisannya BBM tanpa timbal dengan oktan 92 ke atas. (yah soalnya kompresinya lumayan gede 10,2 : 1). Kalo oktannya lebih rendah dari rekomendasi, bisa berakibat bensin meledak lebih awal. Bukan karena nyala busi melainkan karena tidak kuat menahan tekanan yang diberikan piston. Sebaliknya kalo oktan lebih tinggi dari rekomendasi, kemungkinan besar tidak akan ada penambahan power mesin. Sebenernya gak papa kok pake bensin ber oktan tinggi. Asalkan duitnya juga tinggi sih boleh2 aja...
Misal kompresi mesinnya cuma 9,0 : 1. Ya cukup diminumin premium aja. Karena percuma kalo diminumin pertamax pun tenaga gak bakalan nambah.
Yang ada malah dompet makin kering.
Kalo kompresi mesinnya gede, 10,2 : 1 (kayak Satria F), ya kudu diminumin Pertamax. Soalnya kalo diminumin Premium ya itu tadi,oktan lebih rendah dari rekomendasi.Bensin bisa meledak lebih awal. Bukan meledak karena nyala busi, melainkan sebelum busi menyala karena bensin tidak kuat menahan tekanan yang diberikan piston. Akibatnya ritme pembakaran jadi tidak teratur. Gejala ringannya mesin bisa ngelitik, power berkurang, akselerasi lemot. Parahnya piston bisa penyok, bolong, klep peyang, dll.
Singkatnya, sesuaikan konsumsi bensin dengan besarnya kompresi mesin motor.. jenis bensin yang sesuai mesin motor anda bisa dilihat di buku panduan masing2. Jangan sampai oktannya terlalu rendah....


Reply Delete
koreksi gan. ane baru dapet info.
Premium oktan 88 untuk kompresi 7:1 - 9:1
Pertamax oktan 92 untuk kompresi 9,1:1 - 10:1
PertamaxPlus oktan 95 untuk kompresi 10,1:1 - 11:1
Untuk kompresi lebih dari 11:1, seharusnya mengkonsumsi Pertamax racing / Benzol. Oktannya +100
Reply Delete
interesting articles and commentaries friend, I became interested in reading, I introduce a new blogger from Indonesia origin. greetings
Reply Delete
penggunaan oktan tinggi di motor standar (kompresi 8.1 - 9.1 ) itu tidak masalah, malahaN bagus mesin aman dari koncking, tapi biasanya ada perubahan di settingan karburator, biasa bukaan anginnya 1 1/2 putaran bisa jadi 1 3/4 - 2 putaran, klo tidak biasanya agak sedikit terlalu basah,dulu saya punya jupiter z saya isi oktan 92/95 terus pemakain setiap hari, seminggu sekali plg k rumah org tua brjarak 189km , 3 thun pemkaian mesin masih halus, portingnya bersih, kerak di ruang bakar pun masih dikit.., apalagi stelah ganti cdi brt, 189km itu cuma +-4liter. heheheheh
Reply Delete
campur tinner aja gan,,
Reply Delete
gan saya mau tanya tolong di jawab yaa
1. beda etanol dan metanol ?
2. a. berapa oktan etanol?
b. brapa oktan metanol?
Reply Delete
I really like the blogger template. You can send me the file .xml of your blog? Where you get it?
Reply Delete
I have not completed this template
be patient please
Reply Delete
Asalkan tidak berlebihan dalam pemakaiannya, InsyaAllah baik-baik saja :)
Reply Delete
gan, bukannya metanol mengandung air,
Reply Delete
Ada yang lebih praktis dan terjamin membuat mesin tetap terawat serta asupan bbm menjadi irit cek www.dexonesia.com/?reg=djanuarisidji
Reply Delete
ada yang lebih dahsyat kami punya formulanya,,,hanya dengan penambahan 1 ml per liter bensin menjadi setara pertamax yang beroktan 95, dan dengan penambahan 2 ml per liter menjadi pertamax yang beroktan 98.....nama produknya Fors Booster,,, kalau mau tahu lebih lanjut hubungi saya di pin bb 76520D80 atau 0821 2722 9158 an Toni atau masuk ke www.3fors.com/id?=3FS00002423....semoga bermanfaat :_)
Reply Delete
ada yang lebih dahsyat kami punya formulanya,,,hanya dengan penambahan 1 ml per liter bensin menjadi setara pertamax yang beroktan 95, dan dengan penambahan 2 ml per liter menjadi pertamax yang beroktan 98.....nama produknya Fors Booster,,, kalau mau tahu lebih lanjut hubungi saya di pin bb 76520D80 atau 0821 2722 9158 an Toni atau masuk ke www.3fors.com/id?=3FS00002423....semoga bermanfaat :_)
Reply Delete
Makin bingung baca komen nya.larna gak paham mesin
Reply Delete
Makin bingung baca komen nya.larna gak paham mesin
Reply Delete
mo nanya gan, beli metanolnya dimana ya... ato bisa lewat agan gak...?
Reply Delete
mo nanya gan, dimana beli metanolnya...? ato beli lewat gan bisa ga...? Trims.
Reply Delete

Post a Comment

Berkomentarlah dengan baik. Sesungguhnya kami sangat menghargai anda.
^_^

Cancel Reply